EnglishFrenchGermanItalianSpanish Segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten Pelalawan Mengucapkan "Marhaban ya Ramadhan 1435 H dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa serta Selamat Idul Fitri 1435 H, Taqabalallahu minna wa minkum" •  Upah Minimum Kabupaten Pelalawan Tahun 2013 •  Himbauan kepada setiap pemilik bangunan dan dunia usaha untuk melengkapi perizinan Mendirikan Bangunan sesuai ketentuan berlaku. •  Telah dibuka Pelatihan Aplikasi Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk Penyedia Barang dan Jasa, daftarkan perusahaan Anda segera!!! • 
Selamat Idul Fitri, HUT Propinsi Riau dan Dirgahayu RI ke-69 MTQ Kabupaten Pelalawan, Kec. Pelalawan 2014 Apel Siaga Karhutla 2014 Bupati bersama anak-anak PAUD Kec. Kuala Kampar Panen Raya, Kuala Kampar 2014

Paket Wisata TNTN Dukung Promosi Wisata Alam Kabupaten Pelalawan

Sumber : Didbudparpora Kabupaten Pelalawan

Rabu, 8 Juni 2011 - Berita Pariwisata


Sebagai upaya untuk mendukung hal tersebut di atas, TNTN Tesso Nilo telah menyediakan beberapa paket wisata, yang dapat dinikmati oleh masyarakat atau pengunjung baik lokal maupun manca negara. Paket-paket wisata yang terdapat di Tesso Nilo tersebut ialah,
1. Paket Wisata Pendidikan yang meliputi Elephant Edutour , Sialang Edutour, dan Tiger Edutour.
2. Paket Wisata keluarga meliputi Elephant Care, Safari With Elephant, Sialang Elephant Tour dan Sialang Edutour.
3. Paket Wisata Minat Khusus meliputi mengikuti kegiatan / keberadaan Harimau, jelajah Hutan / Jungle Tracking dan Susur Sungai.
Elephant Edutour terdiri dari Elephant Patrol, Elephant Bathing, Elephant Feeding, Elephant Care serta Elephant Simulasi Penanganan Konflik manusia dan gajah (Flying Squad).

Elephant Bathing atau memandikan gajah merupakan paket di mana kita diajarkan cara memandikan gajah beserta aturan-aturannya sehingga dapat melakukan proses tersebut dengan benar.
Demikian juga dengan Elephant Feeding di mana kita diajak untuk memberi makan gajah mulai dari mempersiapkan brownies (makanan gajah) hingga menentukan jumlah nutrisi yang harus diberikan serta tata cara pemberiannya.

Adapun yang dimaksud dengan Elephant Care adalah tata cara pemeliharaaan gajah jika terkena penyakit atau pengendalian serta pencegahan dari berbagai penyakit yang biasa diderita oleh gajah. Di sini pengunjung akan diajarkan bagaimana menangani gajah yang sakit dan memelihara gajah serta menjaga supaya tetap sehat.

Sedangkan Elephant Patrol adalah aktifitas yang dilakukan oleh Flying Squad (patroli gajah) yang sudah terlatih mengusir dan mengendalikan gajah liar supaya tidak mengganggu kawasan masyarakat.

Hal ini hampir sama dengan Safari With Elephant tapi dalam safari pengunjung hanya akan dibawa berjalan mengelilingi kawasan TNTN menggunakan gajah.

Lain halnya dengan Sialang Edutour, dimana kita akan dibawa untuk menyaksikan proses pemanenan madu lebah sialang mulai dari persiapan pemanen, pasca pemanenan, serta pengolahan madu setelah dipanen.

Tiger Edutour merupakan paket bagi minat khusus dimana pengunjung akan mempelajari tata cara pemasangan kamera trap (simulasi) sekaligus membedah jejak-jejak harimau untuk mengetahui keberadaannya. Untuk paket lanjutannya pengunjung akan dibawa langsung ke lokasi dimana harimau biasa ditemui serta memasang langsung kamera trapnya.

Oleh karena itu bagi peminat wisata yang penuh tantangan tidak perlu lagi jauh-jauh keluar daerah,cukup di kabupaten Pelalawan saja tepatnya di TNTN.

Disediakannya paket-paket tersebut adalah dalam rangka selain memberikan peluang kepada masyarakat luas untuk menikmati ekowisata ini juga untuk menambah kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan Taman Nasional Tesso Nilo sebagai hutan dan habitat hewan serta tempat konservasi gajah di Propinsi Riau umumnya, Kabupaten Pelalawan khususnya.

Selain itu hal ini juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan terlibat dalam proses paket-paket wisata ini seperti penyedia makanan, operator perahu motor (pompong), guide dan jasa-jasa lainnya.

Sesuai dengan tujuan pembangunan kepariwisataan yaitu pembangunan ekonomi masyarakat,maka penyediaan paket-paket wisata di Taman Nasional Tesso Nilo ini merupakan upaya yang sangat baik dan perlu dukungan dari berbagai pihak, karena selain memberikan kesempatan bagi wmasyrakat lokal untuk ikut terlibat dan mendapatkan manfaat ekonomi darinya.

Untuk tahap awal masyarakat akan diberi pengarahan dan pelatihan mengenai tata cara menangani wisatawan yang datang serta melayani kebutuhan mereka selama ada disana. Selain itu mereka juga akan mendapat bimbingan menjadi Pramuwisata di Taman Nasional tersebut.

BERITA LAIN

Komentar Pembaca

0 Komentar

Posting Komentar

  Nama
  Email
  Website
  Pesan
  Kode Verifikiasi