|  Segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten Pelalawan Mengucapkan "Marhaban ya Ramadhan 1435 H dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa serta Selamat Idul Fitri 1435 H, Taqabalallahu minna wa minkum" •  Upah Minimum Kabupaten Pelalawan Tahun 2013 •  Himbauan kepada setiap pemilik bangunan dan dunia usaha untuk melengkapi perizinan Mendirikan Bangunan sesuai ketentuan berlaku. •  Telah dibuka Pelatihan Aplikasi Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk Penyedia Barang dan Jasa, daftarkan perusahaan Anda segera!!! • 

Dinas Pendidikan

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PELALAWAN

M.D. RIZAL
KEPALA

E-mail : disdik@pelalawankab.go.id


Dalam konteks pembangunan nasional, seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah, kabupaten/kota merupakan unit yang sangat strategis untuk keberhasilan pembangunan, khususnya pembangunan pendidikan. Oleh karena itu, aparat di kabupaten/kota harus dapat memperkuat sumber daya pembangunan (dana, SDM, sarana/prasarana dan informasi) kabupaten/kota sehingga diharapkan pembangunan nasional akan jauh lebih berhasil tidak hanya dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa melainkan juga dalam pemerataan serta penurunan kesenjangan antar daerah.

Salah satu sumber daya pembangunan, yaitu informasi, merupakan komponen penting dalam perencanaan pembangunan khususnya pembangunan pendidikan. Informasi tersebut tidak hanya menyangkut data di lingkungan Dinas Pendidikan melainkan juga di luar Dinas Pendidikan seperti administrasi pemerintah daerah, demografi, ekonomi, sosial budaya dan agama serta transportasi dan komunikasi sehingga diperoleh data yang terintegrasi, lengkap, dan mutakhir yang nantinya diharapkan dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk menyelesaikan masalah-masalah pendidikan.

Sebagai kabupaten muda yang merupakan hasil dari pemekaran, kabupaten Pelalawan dituntut harus mampu menjawab tantangan dalam mengemban tugas khususnya dalam bidang pendidikan. Kesiapan ini ditandai juga dengan tersedianya data yang up to date dan akurat serta analisisnya yang efektif. Pada kenyataannya, untuk mendapatkan data dan informasi yang lengkap dan mutakhir tersebut sangat sulit. Oleh karena itu, profil pendidikan dipandang perlu sebagai bahan masukan yang cukup handal dalam perencanaan pembangunan pendidikan yang realistis. Dengan menggunakan profil pendidikan tersebut dapat diketahui dan diperhitungkan berbagai faktor yang ada dalam suatu wilayah termasuk faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi perkembangan suatu wilayah, khususnya perkembangan pendidikan.
Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan
Terwujudnya pelayanan pendidikan yang merata dan bermutu pada semua jalur dan jenjang pendidikan di kabupaten pelalawan
Misi Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan

1. Meningkatkan sarana prasarana dan dukungan untuk pendidikan dasar dalam rangka pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun
2. Meningkatkan sarana prasarana dan dukungan untuk pendidikan menengah
3. meningkatkan kualitas dan kesejahteraan tenaga pendidik atau guru dan tenaga kependidikan serta penyebarannya untuk pendidikan
4. meningkatkan sarana prasarana dan dukungan untuk pendidikan non formal termasuk pendidikan anak usia dini
5. meningkatkan Peranserta dan kepedulian masyarakat dalam pembangunan / pengelolaan pendidikan
6. meningkatkan kualitas aparatur pengelola pendidikan.

BAB II
TUGAS POKOK DAN FUNGSI

A. Struktur Organisasi
Struktur organisasi merupakan hal yang penting dalam mewujudkan visi, misi, sasaran dan tujuan organisasi, karena tugas pokok dan fungsi organisasi dibagi habis dalam pembagian tugas pada setiap unit kerja melalui struktur organisasi. Rencana Strategis memerlukan sebuah pandangan yang menyeluruh mengenai organisasi beserta seluruh unsurnya, efektivitas organisasi dipengaruhi oleh struktur organisasi yang efektif yang mengakomodasi seluruh tugas pokok dan fungsi memberikan pengaruh yang kuat terhadap tujuan yang disusun dalam suatu rencana strategis.

Organisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 21 Tahun 2002 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Dinas Pendidikan adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah dibidang pendidikan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah, karena itu Dinas Pendidikan mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan tugas dibidang pendidikan. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, dinas pendidikan berfungsi menyusun kebijakan pendidikan melalui fungsi perencanaan, pelaksanaan, koordinasi, pembinaan, dan pengawasan sesuai dengan kewenangan. Sesuai struktur organisasi dan tata kerja, Kepala Dinas Pendidikan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, dibantu dan didukung oleh 5 (lima) orang pejabat eselon III, yaitu 1 orang Kepala Bagian Tata Usaha dan 4 (empat) orang Kepala Sub Dinas yaitu Sub Dinas Pendidikan Dasar, Sub Dinas Pendidikan Menengah, Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dan Sub Dinas Pemuda dan Olahraga.

Tugas pokok dan fungsi Dinas Pendidikan dibagi dan didukung dalam struktur organisasi yang terdiri atas:
1. Kepala Dinas
2. Bagian Tata Usaha dengan 4 Sub Bagian
3. Sub Dinas Pendidikan Dasar dengan 4 Seksi
4. Sub Dinas Pendidikan Menengah dengan 4 Seksi
5. Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah dengan 4 Seksi
6. Sub Dinas Pemuda dan Olahraga dengan 4 Seksi
7. Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan, sebagai UPTD
8. Perpustakaan Masyarakat, sebagai UPTD
9. Sanggar Kegiatan Belajar sebagai UPTD
10. Tenaga Fungsional, terdiri dari pengawas satuan pendidikan dan penilik pendidikan nonformal.

B. Uraian Tugas
Sebagai payung atau landasan hukum uraian tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan yaitu Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Adapun tugas pokok masing-masing unit kerja adalah sebagai berikut:

1. Kepala Dinas

Berdasarkan Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Dalam Bab III Uraian Tugas Jabatan Struktural bagian Kesatu dikatakan bahwa Kepala Dinas Pendidikan mempunyai tugas melaksanakan program dan kebijakan pendidikan yang ditetapkan serta melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait didaerah;

Selanjutnya tugas dimaksud adalah:
a. Membuat perencanaan yang meliputi segala usaha dan kegiatan pengumpulan, pengolahan data, penilaian dan penyusunan rencana untuk melaksanakan tugas dinas dibidang pendidikan.
b. Melaksanakan yang meliputi segala dan kegiatan untuk melaksanakan kebijaksanaan sesuai dengan rencana yang ditetapkan.
c. Melakukan pembinaan yang meliputi segala usaha dan kegiatan pendidikan dan pelatihan kearah peningkatan mutu pendidikan.
d. Melakukan pengawasan segala usaha dan kegiatan dalam hal pengawasan atas pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
e. Melaksanakan administrasi yang merupakan segala usaha dan kegiatan dibidang ketatausahaan dan kepegawaian, umum dan keuangan.
f. Melakukan koordinasi yang merupakan segala usaha dan kegiatan untuk mengadakan hubungan kerjasama dengan dinas dan instansi lain guna kelancaran pelaksanaan tugas.

2. Bagian Tata Usaha

Sebagaimana termaktub dalam Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 pada pasal 5 ayat (1) dikatakan bahwa Kepala Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, penggandaan, inventarisasi, administrasi kepegawaian dan menyusun laporan kegiatan dinas. Pasal (2) yaitu uraian tugas dimaksud adalah melaksanakan urusan umum, urusan perencanaan dan program dinas, urusan kepegawaian dan urusan keuangan.

Bagian Tata Usaha ini, terdiri dari Sub Bagian Umum, Sub Bagian Tata Laksana, Sub Bagian Kepegawaian, Sub Bagian Perencanaan dan Sub Bagian Keuangan. Uraian tugas masing-masing Kepala Sub Bagian sebagai berikut:

a. Sub Bagian Umum;

Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, penggandaan, inventarisasi, admisistrasi kepegawaian dan menyusun laporan kegiatan dinas. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan.
2) melakukan urusan surat menyurat kantor yang meliputi surat masuk, surat keluar, ekspedisi, kearsipan, dokumentasi termasuk legalisir ijazah.
3) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan, perawatan, inventaris dan usulan penghapusan barang perlengkapan yang meliputi gedung, perabot kantor Dinas Pendidikan Kabupaten, Kecamatan, UPTD maupun sekolah.
4) melakukan pencatatan dan penyimpanan barang-barang perlengkapan yang meliputi gedung, perabot, peralatan teknis, alat kantor, mobilitas dan pembukuan.
5) melakukan stock opname barang perlengkapan.
6) menyimpan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan barang milik negara
7) menyusun laporan sub bagian
8) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

b. Sub Bagian Tata Laksana;

Kepala Sub Bagian Tata Laksana mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan
2) melakukan urusan rumah tangga kantor yang meliputi ketertiban, keamanan, kebersihan dan keindahan kantor.
3) melakukan urusan penerimaan tamu dan kepertokolan.
4) mengurus perpustakaan kantor.
5) mengurus perpustakaan kantor dan menyediakan fasilitas rapat dinas dan upacaran kantor.
6) menyusun laporan sub bagian

c. Sub Bagian Kepegawaian;

Kepala Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan Umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan dan pengendalian. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan.
2) mempersiapkan rencana pengadaan, penempatan dan pemerataan pegawai administrasi, termasuk pejabat struktural Dinas Pendidikan Kabupaten, Kecamatan dan UPTD lainnya.
3) mempersiapkan rencana formasi pegawai administrasi di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Dinas Kecamatan (UPTD).
4) menyusun daftar urut kepangkatan pegawai.
5) mempersiapkan usul mutasi pegawai administratif antara lain kenaikan pangkat, gaji berkala, pemindahan, cuti dan pemberhentian dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kecamatan (UPTD)
6) Menyusun laporan sub bagian

d. Sub Bagian Perencanaan;
Kepala Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan Umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan kearsipan,pengawasan,pengendalian. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan.
2) mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data yang menyangkut Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah, wajib belajar, Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Masyarakat, pembinaan generasi muda, keolahragaan dan kesenian.
3) mempersiapkan rencana dan program Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kecamatan (UPTD) yang menyangkut pengurusan pembinaan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah, wajib belajar, Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Masyarakat, pembinaan generasi muda, keolahragaan dan pendidikan kesenian.
4) menyusun dan menyebarluaskan instrumen pengumpulan data yang menyangkut sekolah menengah.
5) memonitoring pelaksanaan rencana dan program yang menyangkut Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah, wajib belajar, Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Masyarakat, pembinaan generasi muda, keolahragaan dan pendidikan kesenian.
6) menyusun laporan sub bagian

e. Sub Bagian Keuangan;
Kepala Sub Bagian mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan Umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan dan pengendalian. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan.
2) memilah dan menyusun data untuk bahan menyusun anggaran kantor Dinas Pendidikan.
3) melakukan pengelolaan keuangan kantor Dinas Pendidikan.
4) meneliti dan menguji kebenaran setiap dokumen/bukti penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran uang.
5) melakukan pembayaran gaji pegawai.
6) melakukan pembayaran biaya perjalanan dinas.
7) mempersiapkan laporan periodik tentang pengeluaran keuangan.
8) menyusun laporan sub bagian
3. Sub Dinas Pendidikan Dasar
Pada pasal 11 dijelaskan bahwa Sub Dinas Pendidikan Dasar terdiri dari Seksi kurikulum, seksi tenaga kependidikan, seksi pengadaan sarana pendidikan dan seksi pengadaan perbukuan dan alat tulis pelajaran. Pasal 12 ayat (1) berbunyi Kepala Sub Dinas Pendidikan Dasar mempunyai tugas melaksanakan urusan kurikulum, ketenagaan, sarana dan prasarana dan urusan perbukuan pada pendidkan dasar. Mengenai uraian tugas dimaksud pada ayat (1) yaitu:
a. Melaksanaan urusan kurikulum pada lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama(SLTP), wajib belajar, Sekolah Luar Biasa(SLB) yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
b. Melaksanaan urusan tenaga kependidikan pada lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), wajib belajar, Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
c. Melaksanaan urusan pengadaan sarana dan prasarana pada lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), wajib belajar, Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
d. melaksanaan urusan pengadaan pembukuan dan alat tulis pelajaran pada lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), wajib belajar dan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.

Sesuai kondisi riil pendidikan yang ada dan bersempena dengan pemberlakukan otonomi daerah khususnya bidang pendidikan, serta memperhatikan kepentingan daerah, Kepala Dinas Pendidikan menerbitkan Surat Keputusan Nomor 900/Disdik/2006/36.a tentang penjelasan tambahan uraian tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, khusus Sub Dinas Pendidkan Dasar yaitu menyusun rencana program pengembangan Kurikulum Nasional dan Muatan Lokal, serta mempersiapkan kalender pendidikan, menyebarluaskan petunjuk pelaksanaan kurikulum serta memonitor dan membina pelaksanaan kurikulum pada tingkat Pendidikan Dasar.

Sub Dinas Pendidikan Dasar ini, terdiri dari Seksi kurikulum, Seksi Tenaga Kependidikan, Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan dan Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran. Sesuai Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pelalawan Nomor. 900/Disdik/2006/36.a dijelaskan bahwa uraian tugas Sub Dinas Pendidikan Dasar adalah pelaksanaan urusan kurikulum pada lembaga Satuan Pendidikan tingkat TK dan SD yang dikelola oleh Dinas Pendidikan, pelaksanaan urusan tenaga kependidikan pada lembaga Satuan Pendidikan tingkat TK dan SD yang dikelola oleh Dinas Pendidikan, pelaksanaan urusan pengadaan sarana dan prasarana pada lembaga Satuan Pendidikan tingkat TK dan SD yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan pelaksanaan urusan pengadaan pembukuan pada lembaga Satuan Pendidikan tingkat TK dan SD yang dikelola oleh Dinas Pendidikan. Adapun uraian tugas masing-masing Kepala Seksi sebagai berikut:

a. Seksi Kurikulum;

Kepala Seksi Kurikulum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan, kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyebarluaskan pedoman dan petunjuk pelaksanaan kurikulum tingkat Sekolah Menengah (maksudnya adalah TK dan SD)
3) melaksanakan pengurusan lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Menengah, wajib belajar, Sekolah Luar Biasa yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
4) mempersiapkan, menyebarluaskan pedoman dan petunjuk yang menyangkut, Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar, Sekolah Luar Biasa (SLB) yang meliputi kurikulum, tenaga teknis, sarana prasarana pendidikan, tata usaha sekolah dan hubungan antara sekolah dengan masyarakat, kalender pendidikan dan penerimaan siswa baru.
5) Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pengawasan dalam pengendalian, membimbing dan menilai Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
6) melaksanakan penilaian teknis pendidikan kepada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
7) melaksanakan bimbingan terrhadap lembaga pengelola Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
8) memberikan rekomendasi dan pembinaan bantuan kepada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
9) mempersiapkan pemberian izin pembukaan Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
10) mempersiapkan pemberian akreditasi Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
11) menyusun laporan seksi.


b. Seksi Tenaga Kependidikan;

Kepala Seksi Tenaga Kependidikan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan, kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengelolaan guru, tenaga teknis, pengawas dan sarana pendidikan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
3) merencanakan pemerataan guru serta tenaga teknis lainnya pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
4) Merencanakan peningkatan mutu/kualifikasi guru dan tenaga teknis lainnya pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).TK dan SD.
5) mengurus administrasi guru dan pengawas dan tenaga teknis lainnya, antara lain kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan, cuti, penilaian angka kredit dan pemberhentian, izin belajar, pendataan guru dan pengawas serta formasi jabatan kepala Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
6) menyusun laporan seksi.

c. Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan;

Kepala Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan, kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengadaan dan perawatan gedung Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
3) melaksanakan pengadaan perlengkapan gedung, perabot dan laboratorium Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
4) melakukan pencatatan gedung, perabot, tanah dan peralatan teknis Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
5) mempersiapkan usul penghapusan gedung, perabot, tanah dan peralatan teknis Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
6) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan peralatan teknis Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
7) menyusun laporan seksi.

d. Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran;

Kepala Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran mempunyai tugas melaksanakan perencanaan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan, kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan perawatan pembukuan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
3) menyusun rencana pengadaan dan pendistribusian alat bantu pendidikan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
4) menyusun bahan penilaian kualitas dan kuantitas sarana pendidikan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
5) mempersiapkan bahan bimbingan penggunaan sarana pendidikan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
6) menyusun laporan seksi.


4. Sub Dinas Pendidikan Menengah
Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, pada Pasal 17 dikatakan bahwa Sub Dinas Pendidikan Menengah terdiri dari Seksi Kurikulum, Sekesi Tenaga Kependidikan, Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan dan Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran. Selanjutnya Tugas Kepala Sub Dinas Pendidikan Menengah termaktub pada Pasal 18 ayat (1) yaitu ”Kepala Sub Dinas Pendidikan Menengah mempunyai tugas melaksanakan kurikulum, ketenagaan, sarana dan prasarana dan alat tulis pelajaran pada pendidikan menengah”. Uraian tugas yang dimaksud pada ayat (1) pasal ini sebagai berikut:
a. melaksanakan kurikulum pada lembaga satuan pendidikan tingkat pendidikan menengah.
b. Melaksanakan urusan tenaga kependidikan pada lembaga satuan pendidikan tingkat pendidikan menengah.
c. Melaksanakan urusan pengadaan sarana dan prasarana pada lembaga satuan pendidikan tingkat pendidikan menengah.
d. Melaksanakan urusan pengadaan perbukuan dan alat tulis pelajaran pada lembaga satuan pendidikan tingkat pendidikan menengah.

Tugas pokok Sub Dinas Pendidikan Menengah tersebut dibantu dan didukung penuh oleh seksi-seksi, sebagaimana tugas pokoknya tertera dibawah ini:

a. Seksi Kurikulum;

Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Menengah mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyerbarluaskan pedoman dan petunjuk pelaksanaan kurikulum tingkat pendidikan menengah.
3) melaksanakan pengurusan lembaga satuan pendidikan tingkat sekolah menengah yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
4) Mempersiapkan, menyebarluaskan pedoman dan petunjuk yang menyangkut sekolah menengah yang meliputi kurikulum, tenaga teknis, sarana prasarana pendidikan, tata usaha sekolah dan hubungan antar sekolah dengan masyarakat, kalender pendidikan dan penerimaan siswa baru.
5) mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pengawasan dan pengendalian, membimbing dan menilai sekolah menengah.
6) melaksanakan penilaian teknis sekolah menengah.
7) melaksanakan bimbingan terhadap lembaga pengelolaan sekolah menengah.
8) memberikan rekomendasi dan pembinaan bantuan kepada sekolah menengah.
9) mempersiapkan pemberian izin pembukaan sekolah menengah.
10) mempersiapkan pemberian akreditasi sekolah menengah.
11) menyusun laporan seksi.

b. Seksi Tenaga Kependidikan:

Kepala Seksi Tenaga Kependidikan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengelolaan guru, tenaga teknis, pengawas dan sarana pendidikan sekolah menengah.
3) merencanakan pemerataan guru serta tenaga teknis lainnya pada sekolah menengah.
4) merencanakan peningkatan mutu/kualifikasi guru dan tenaga teknis lainnya pada sekolah menengah.
5) mengurus administrasi guru dan pengawas dan tenaga teknis lainnya, antara lain kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan, cuti, penilaian angka kredit dan pemberhentian, izin belajar, pendataan guru dan pengawas serta formasi jabatan kepala sekolah menengah.
6) menyusun laporan seksi

c. Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan;

Kepala Seksi Pengadaan Sarana pendidikan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengadaan dan perawatan gedung sekolah menengah.
3) melaksanakan pengadaan perlengkapan gedung, perabot dan laboratorium sekolah menengah.
4) melakukan pencatatan gedung, perabot, tanah dan peralatan teknis sekolah menengah.
5) mempersiapkan usul penghapusan gedung, perabot, tanah dan peralatan teknis sekolah menengah.
6) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan peralatan teknis sekolah menengah.
7) menyusun laporan seksi.

d. Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran;

Kepala Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan perawatan pembukuan sekolah menengah.
3) menyusun rencana pengadaan dan pendistribusian alat-alat bantu pendidikan sekolah menengah.
4) menyusun bahan penilaian kualitas dan kuantitas sarana pendidikan sekolah menengah.
5) mempersiapkan bahan bimbingan penggunaan sarana pendidikan sekolah menengah.
6) menyusun laporan seksi.


5. Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah

Sesuai pasal 24 Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan disebutkan bahwa ”Kepala Sub Bagian Pendidikan Luar Sekolah (PLS) mempunyai tugas melaksanakan urusan kurikulum, pendidikan masyarakat, bantuan sarana dan prasarana dan pembinaan kursus/pelatihan pada Pendidikan Luar Sekolah. Uraian tugas dimaksud yaitu:
a. melaksanakan urusan kurikulum pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah.
b. Melaksanakan urusan pendidikan masyarakat pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah.
c. Melaksanakan urusan pengadaan bantuan sarana dan prasarana pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah.
d. Melaksanakan urusan pembinaan kursus/pelatihan pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah.

Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah, terdiri dari Seksi kurikulum, Seksi Pendidikan Masyarakat, Seksi Subsidi Bantuan Sarana dan Prasarana, dan Seksi Pembinaan Kursus/Pelatihan Masyarakat. Adapun uraian tugas masing-masing Kepala Seksi sebagai berikut:

a. Seksi Kurikulum;

Seksi kurikulum PLS mempunyai tugas melaksanakan urusan kurikulum pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah, uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan penyusunan rencana dan program pembinaan PLS.
3) mempersiapkan bahan penempatan perizinan kursus-kursus yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.
4) mempersiapkan dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk pelaksananaan PLS.
5) mempersiapkan pelaksanaan kegiatan PLS yang meliputi antara lain latihan keterampilan dan kursus PLS.
6) mempersiapkan pelaksanaan pengendalian PLS.
7) mempersiapkan pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan program PLS.
8) mempersiapkan peningkatan usaha kerjasama dengan instansi pemerintah dan organisasi masyarakat yang ada hubungannya dengan pelaksanaan program PLS.
9) mengumpulkan dan mengolah data pembinaan PLS.
10) menyusun laporan seksi.

b. Seksi Pendidikan Masyarakat;

Seksi Pendidikan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan urusan pendidikan masyarakat pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mengendalikan termasuk membimbing pelaksanaan kurikulum PLS yang meliputi jenis, metoda, penyajian dan penggunaan alat bantu pengajaran agar berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
3) mengendalikan termasuk membimbing tenaga teknis PLS.
4) mengendalikan termasuk membimbing pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan PLS.
5) mengendalikan termasuk membimbing lembaga kerjasama organisasi/ badan/lembaga yang bergerak dibidang PLS dengan instansi pemerintah dan masyarakat antara lain pemerintah daerah (kecamatan) dan dunia usaha.
6) menilai pelaksanaan kurikulum PLS.
7) menilai pemanfaatan sarana PLS.
8) menilai efisiensi dan efektivitas hasil kegiatan PLS.
9) mengendalikan dan menilai kegiatan kursus yang diselenggarakan oleh pihak swasta.
10) menilai hubungan organisasi/badan/lembaga yang bergerak di bidang PLS dengan instansi pemerintah dan masyarakat antara lain dengan dunia usaha.
11) mendorong tumbuhnya dan membina kelompok belajar PLS.
12) menyusun laporan seksi.

c. Seksi Bantuan Sarana dan Prasarana;

Seksi bantuan Sarana dan prasarana mempunyai tugas melaksanakan urusan bantuan sarana prasarana pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan usul pengadaan dan distribusi sarana untuk PLS.
3) menyebarluaskan petunjuk pelaksanaan dan pemeliharaan sarana PLS.
4) mempersiapkan bahan penilaian terhadap kualitas dan kuantitas sarana PLS.
5) mempersiapkan bimbingan penggunaan sarana dan prasarana PLS.
6) melakukan inventarisasi sarana PLS.
7) mengumpul dan mengolah data sarana untuk PLS.
8) mempersiapkan usul pembangunan gedung dan rehabilitasi bangunan untuk PLS.
9) membuat analisis kebutuhan sarana prasarana untuk PLS.
10) mempersiapkan pedoman dan petunjuk penyimpanan, distribuís, penggunaan, penghapusan dan inventrasisasi sarana untuk PLS.
11) mempersiapkan dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk pelaksanaan pengurusan sarana untuk PLS.
12) menyusun laporan seksi.

d. Seksi Pembinaan Kursus/Pelatihan Masyarakat;

Seksi Pembinaan Kursus/Pelatihan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan urusan bantuan sarana prasarana pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah, uraian tugas tersebut adalah:
1) meyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan penyusunan rencana dan program pembinaan kursus/pelatihan masyarakat.
3) mempersiapkan perizinan kursus-kursus.
4) mempersiapkan evaluasi terhadap pelaksanaan program kursus.
5) mengumpulkan dan mengolah data kursus/pelatihan masyarakat.
6) menganalisa kebutuhan kursus/pelatihan masyarakat.
7) mempersiapkan bimbingan penggunaan sarana dan prasarana kursus/pelatihan masyarakat.
8) menyusun laporan seksi.

6. Sub Dinas Pemuda dan Olahraga

Pasal 29 ayat (1 dan 2) Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan berbunyi Sub Dinas Pemuda dan Olahraga mempunyai tugas melaksanakan urusan pembinaan generasi muda, pembinaan keolahragaan dan bantuan sarana dan prasarana pada kegiatan kepemudaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Uraian tugas dimaksud yaitu:
a. Melaksanakan urusan pembinaan generasi muda pada lembaga yang dikelola Sub Dinas Pemuda dan Olahraga.
b. Melaksanakan urusan pendidikan masyarakat pada lembaga yang dikelola oleh Sub Dinas Pemuda dan Olahraga.
c. Melaksanakan urusan pengadaan bantuan sarana dan prasarana pada lembaga yang dikelola oleh Sub Dinas Pemuda dan Olahraga.

Sesuai Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pelalawan Nomor. 900/Disdik/2006/36.a dijelaskan bahwa disamping uraian tugas pokok diatas, Sub Dinas Pemuda dan Olahraga juga berfungsi/melaksanakan tugas dalam rangka pengembangan, pengendalian prestasi olahraga, serta pengawasan, pembinaan kepemudaan dan pertukaran pemuda dan pelajar.

Pasal 29 ayat (1) dijelaskan bahwa Sub Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, terdiri dari Seksi Pembinaan Generasi Muda, Seksi Pembinaan Olahraga dan Seksi Sarana dan Prasarana Pemuda/Olahraga. Adapun uraian tugas masing-masing Kepala Seksi sebagai berikut:

a. Seksi Pembinaan Generasi Muda;

Seksi Pembinaan Generasi Muda mempunyai tugas melaksanakan urusan melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan penyusunan rencana dan program kegiatan kepemudaan serta mempersiapkan pemberian pengarahan organisasi yang bergerak dibidang kepemudaan.
3) mempersiapkan dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk penyelenggaraan kegiatan kepemudaan.
4) mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pembinaan kepemudaan.
5) mempersiapkan pelaksanaan pengusulan kegiatan kepemudaan.
6) mempersiapkan pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan program kegiatan kepemudaan.
7) mempersiapkan peningkatan usaha kerjasama dengan instansi pemerintah dan organisasi masyarakat yang ada hubungannya dengan kegiatan kepemudaan.
8) mengumpulkan dan mengolah data kegiatan kepemudaan.
9) mempersiapkan rencana kebutuhan tenaga teknis.
10) menyusun laporan seksi.


b. Seksi Pembinaan Olahraga:

Seksi Pembinaan Olahraga mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan rencana dan program kegiatan keolahragaan serta mempersiapkan pemberian pengarahan terhadaporganisasi yang bergerak dibidang keolahragaan.
3) mempersiapkan dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk penyelenggaraan kegiatan keolahragaan.
4) mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pembinaan keolahragaan.
5) mempersiapkan pelaksanaan pengendalian kegiatan keolahragaan.
6) mempersiapkan pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan program kegiatan keolahragaan.
7) mempersiapkan usaha peningkatan kerjasama dengan instansi pemerintah dan organisasi masyarakat yang ada hubungannya dengan program kewolahragaan.
8) mengumpulkan dan mengolah data kegiatan keolahragaan.
9) mempersiapkan kebutuhan tenaga teknis.
10) menyusun laporan seksi.

c. Seksi Sarana dan Prasarana Pemuda/Olahraga:

Seksi Sarana dan Prasarna Pemuda/Olahraga mempunyai tugas melaksanakan perencanaan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan usul pengadaan dan distribusi sarana untuk pembinaan dan pengembangan kepemudaan dan olahraga.
3) menyebarluaskan petunjuk menenai penggunaan dan pemeliharaan untuk pembinaan dan pengembangan kepemudaan dan olahraga.
4) mempersiapkan bahan penilaian terhadap kualitas dan kuantitas sarana untuk pembinaan dan pengembangan kepemudaan dan olahraga.
5) mempersiapkan bahan bimbingan penggunaan sarana untuk pembinaan dan pengembangan kepemudaan dan olahraga.
6) menyusun laporan seksi.

7. Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan sebagai UPTD
Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan mempunyai tugas koordinasi, membina, menyelenggarakan sebagian tugas Dinas Pendidikan Kabupaten untuk lingkup kecamatan.

8. Perpustakaan Masyarakat sebagai UPTD
Perpustakaan Masyarakat sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dalam penyelenggaraannya didasarkan pada Peraturan Bupati Pelalawan Nomor 51 Tahun 2006, mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan melalui kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku melalui jalur pendidikan formal.
     Tugas pokok Perpustakaan Masyarakat adalah:
a. Mengumpulkan, menyimpan dan mendayagunakan bahan pustaka berupa karya cetak dan karya rekam untuk kepentingan pendidikan dan peningkatan ilmu pengetahuan masyarakat pelajar khususnya,
b. Melestarikan karya cetak dan karya rekam lokal atau lainnya yang memiliki nilai-nilai pendidikan, ilmu pengetahuan, sejarah, sastra dan budaya.

9. Sanggar Kegiatan Belajar sebagai UPTD
Landasan hukum Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yaitu Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 420/Disdik/2005/432. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) mempunyai tugas memberikan keterampilan kecakapan hidup bagi warga belajar dengan kegiatan belajar Pendidikan Luar Sekolah. Adapun uraian tugas pokok dan fungsi SKB dimaksud yaitu:
√. Tugas pokok melakukan pembuatan percontohan dan pengendalian mutu pelaksanaan program pendidikan luar sekolah, berdasarkan kebijaksanaan teknis pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan.
√. Fungsi SKB yaitu:
a. pembangkitan dan penumbuhan kemajuan belajar masyarakat dalam rangka tercapainya “masyarakat gemar belajar.”
b. pemberian motivasi pembinaan masyarakat agar mau dan mampu menjadi tenaga pendidik dalam pelaksanaan asas saling membelajarkan.
c. pemberian pelayanan informasi kegiatan pendidikan luar sekolah.
d. pembuatan percontohan sebagai program dan pengendalian mutu pelaksanaan program pendidikan luar sekolah.
e. penyusunan dan pengadaan sarana belajar muatan lokal.
f. penyediaan sarana dan fasilitas belajar.
g. perintegrasian dan penyinkronisasian kegiatan sektor dalam bidang pendidikan luar sekolah.
h. pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tenaga pelaksana pendidikan luar sekolah.
i. pengelolaan urusan tata usaha sanggar.

10. Pengawas Sekolah dan Penilik Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 14 Tahun 2005 tentang Tugas Pokok, Tanggungjawab, Wewenang dan Hak Pengawas Sekolah dan Penilik Luar Sekolah Dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan dijelaskan bahwa:

a. Tugas Pokok Pengawas dan Penilik PLS sebagai berikut:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan dan semester.
2) melaksanakan supervisi sekolah bidang; kurikulum, administrasi kepala sekolah, sarana dan prasarana, kesiswaan, ketenagaan, keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kebersihan lingkungan sekolah dan kesehatan (7K), keuangan, klinis.
3) melaksanakan penilaian pengolahan dan analisis data hasil belajar/bimbingan siswa dan kemampuan guru dan petunjuk pelaksanaan/tindaklanjut.
4) mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan, proses KBM/bimbingan dari lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap perkembangan hasil belajar/bimbingan siswa dan tindaklnjut.
5) menyusun petunjuk pelaksanaan kalender pendidikan.
6) menyusun dan mengembangkan soal ujian, instrumen penilaian HBS.
7) membuat rekomendasi mutasi guru dan kepala sekolah.
8) membuat rekomendasi usul pengangkatan kepala sekolah bersama-sama dengan komite sekolah.
9) penilaian kinerja kepala sekolah/sekolah.
10) membuat daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) kepala sekolah.
11) memberikan bahan penilaian dalam rangka akreditasi sekolah.
12) memantau dan membimbing pelaksanaan ujian semester dan ujian akhir sekolah/nasional.
13) memantau dan membimbing pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB).
14) membina mata/rumpun pelajaran tertentu dan bimbingan siswa.
15) menyusun laporan hasil pengawasan/supervisi sekolah.
16) melaksanakan pengawasan dan pembinaan terhadap lembaga-lembaga pendidikan nonformal, seperti kelompok belajar paket A, B dan C, kursus-kursus, bimbingan belajar, les belajar dan lain-lain pada pendidikan luar sekolah.
17) melaksanakan penilaian status/akreditasi dan kelayakan suatu lembaga pendidikan nonformal.
18) merekomendasi izin pendirian suatu lembaga pendidikan nonformal.
19) memberi saran kepada Kepala Dinas Pendidikan tentang penyelesaian kasus-kasus sekolah dan lembaga pendidikan nonformal.

b. Tanggungjawab Pengawas Sekolah dan Penilik PLS
1) melaksanakan pengawasan dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan nonformal dengan penugasannya pada TK/RA/Bustanul Athfal, SD/MI, SLB, SLTP/MTS, SLTA/MA dan SMK serta Pendidikan Luar Sekolah.
2) meningkatkan kualitas proses belajar mengajar/bimbingan dan hasil prestasi belajar/bimbingan siswa dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan.

c. Wewenang Pengawas Sekolah dan Penilik PLS
1) memilih dan menentukan metode kerja untuk mencapai hasil yang optimal dalam melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan kode etik profesi.
2) menetapkan tingkat kinerja guru dan tenaga lainnya yang diawasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi.
3) menentukan dan menetapkan program pembinaan serta melakukan pembinaan.

Setiap unit kerja tersebut melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan/pembinaan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.


D A F T A R LOKASI PELAKSANAAN KEGIATAN/PEKERJAAN APBD KABUPATEN PELALAWAN
TAHUN ANGGARAN 2009 PERKECAMATAN

NAMAPROGRAM /KEGIATAN /PEKERJAAN JUMLAH DANA URAIAN KEGIATAN VOLUME KETERANGAN
DESA/KELURAHAN KECAMATAN
2 3 4 5 6 7

PROG. PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 194.950.000
1. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
1.1 Belanja modal mesin penghancur kertas 1.200.000 1 Unit Kantor Dinas
1.2 Belanja modal pembuatan lemari arsip data Guru 13.500.000 1 Unit Kantor Dinas
Kab. Pelalawan
1.3 Belanja modal pengadaan komputer PC Untuk Gaji 12.750.000 1 Set Kantor Dinas
1.4 Belanja modal pengadaan Laptop kantor Dinas Pendidikan 47.000.000 4 Unit Kantor Dinas
1.5 Belanja modal pengadaan printer LQ 2180 (Utk Ampra gaji) 8.500.000 1 Unit Kantor Dinas
1.6 Belanja modal pembuatan meja kerja ampra 2.500.000 Kel. Pangkalan Kerinci Barat Pangkalan Kerinci 1 Unit Kantor Dinas
1.7 Belanja modal pengadaan layar proyektor 1.500.000 Kel. Pangkalan Kerinci Barat Pangkalan Kerinci 1 Buah Kantor Dinas

3. Penyediaan jasa sewa gedung/kantor/tempat
3.1 Belanja sewa kantor perpustakaan 7.500.000 Kel. Pangkalan Kerinci Barat Pangkalan Kerinci 1 Thn / 1runag
3.2 Belanja sewa kantor SKB 22.500.000 Kel. Pangkalan Kerinci Barat Pangkalan Kerinci 1 Thn /3ruang

4. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
5.1 Pemeliharaan taman dan semenisasi halaman kantor 42.000.000 Kel. Pangkalan Kerinci Barat Pangkalan Kerinci 1 Unit Kantor Dinas
Dinas Pendidikan
5.2 Belanja modal pembangunan sarana dan Prasarana 36.000.000 Kel. Pangkalan Kerinci Barat Pangkalan Kerinci 1 Unit' Kantor Dinas
tempat parkir

PROGRAMPENDIDIKAN ANAK USIA DINI 586.500.000
1 Pembangunan USB TK TK Nurul Aliza Putri 459.000.000 Kel.PklKerinci Timur Pangkalan Kerinci 135 M²
2 Pembangunan pagar TK Sialang Indah 127.500.000 Desa Sialang Indah Pangkalan Kuras 1 Unit

PROGRAM WAJIB BELAJAR DIKDAS 9 TAHUN 15.440.337.114

Lanjutan 2008 1.089.432.114
1 Pembangunan Lanjutan SDN 005 Kiyap Jaya 270.913.300 Kiyap Jaya Bandar Seikijang 1 Unit
2 Rehab Berat SDN 011 Teluk Dalam 223.696.200 Kel. Teluk Dalam Kuala Kampar 1 Unit
3 Pembangunan Lanjutan SDN 015 Sokoi Timur 321.471.920 Desa Sokoi Timur Kuala Kampar 1 Paket
4 Pembangunan Lanjutan SMP Pangkakan Panduk 273.350.694 Desa Pangkalan Panduk Kerumutan 1 Unit

Baru 2009 14.350.905.000
1 Pembangunan USB SDN 017 Mamahan Gondai 651.000.000 Desa Pangkalan Gondai Langgam 1 Unit
2 Pembangunan Gedung USB Unit 1 Kelas Jauh SDN 007 705.250.000 Sibekik Pulau Muda Teluk Meranti
Pulau Muda - Sibekik
3 Pembangunan USB SDN 013 Pkl Kerinci 734.400.000 Kel. Pangkalan Kerinci Timur Pangkalan Kerinci 216 M²
4 Pembangunan Tambahan MDA Plus Miftahul Huda 571.200.000 Desa Rawang Sari Genduang Pangkalan Lesung 168 M²
5 Pembangunan Tambahan Ruang Kelas SDN 016 Meranti 571.200.000 Desa Meranti Pangkalan Kuras 168 M²
6 Pembangunan Tambahan Ruang Kelas SDN 024 Sorek Satu 571.200.000 Kel. Sorek Satu Pangkalan Kuras 168 M²
7 Pembangunan TRK SDN 018 Kerumutan 761.400.000 Desa Mak Teduh (Lubuk Salak) Kerumutan 216 M²
8 Pembangunan TRK SDN 011 Tepian Batu 571.200.000 Kel. Pangkalan Kerinci Barat Pangkalan Kerinci 168 M²
9 Pembangunan TRK SDN 016 Segati 571.200.000 Desa Segati Langgam 168 M²
10 Pembangunan TRK SDN 014 Sialang Kayu Batu 592.200.000 Desa bagan Laguh Bunut 168 M²
11 Revitalisasi Ruang kls SDN 019 Pematang Tinggi 394.800.000 Desa Pematang Tinggi Kerumutan 112 M²
12 Pembangunan Tambahan MDA At-Taqwa Sari Mulya 380.800.000 Desa Sari Mulya Pangkalan Lesung 112 M²
13 Pembangunan Mushalla MDA Langgam 178.500.000 Kel. Langgam Langgam 52,5 M²
14 Pembangunan Rumah Dinas Guru SDN 009 Labuhan Bilik 320.625.000 Desa labuhan Bilik Teluk Meranti 85,5 M²
15 Revitalisasi Rumah Dinas Guru SDN 005 Rawang Sari 258.400.000 Desa Rawang Sari Pangkalan Lesung 76 M²
16 Pembangunan R.D. Guru SDN 023 Kesuma 258.400.000 Desa Kesuma Pangkalan Kuras 76 M²
17 Rehab Total SDN 001 Teluk Dalam 392.000.000 Kel. Teluk Dalam Kuala Kampar 112 M²
18 Rehab Total SDN 017 Sungai Solok 588.000.000 Desa Sungai Solok Kuala Kampar 168 M²
19 Rehab Berat Unit 1 SDN 004 Pulau Muda 759.500.000 Desa Pulau Muda Teluk Meranti 217 M²
20 Rehab Berat Unit 2 SDN 003 Lubuk Kembang Bunga 504.000.000 Desa Lubuk Kembang Bunga Ukui 168 M²
21 Rehab Berat Ruang Kelas SDN 002 Ransang 273.000.000 Desa Randang Pelalawan 112 M²
22 Rehab Berat SDN 014 Sialang Indah 371.280.000 Desa Sialang Indah Pangkalan Kuras 168 M²
23 Pembangunan TRK SMPN 2 Pkl. Lesung 734.400.000 Kel.Pangkalan Lesung Pangkalan Lesung 216 M²
24 Pembangunan TRK PONPES "Mambaul Ma'arif" Seminai 734.400.000 Kelurahan Langgam Langgam 216 M²
Tunggal
25 Pembangunan TRK SMPN Sorek Dua 734.400.000 Desa Sorek Dua Pangkalan Kuras 216 M²
26 Pembangunan TRK PONPES "Ar-Rahman" 734.400.000 Desa Pangkalan Gondai Langgam 216 M²
27 Pembangunan Turap MTs 'Darul Falah Langgam" 5.000.000 Kelurahan Langga,m Langgam 500 M²
28 Pembangunan R.D.Kepala Sekolah SMPN Serapung 210.000.000 Desa Serapung Kuala Kampar 56 M²
29 Pembangunan Pagar SMPN 1 Kuala Kampar 218.750.000 Teluk Dalam Kuala Kampar 125 M²

Pengadaan Meubiler Sekolah: 1.291.736.336
1 SDN 011 Tepian Batu 47.084.376 Kel. Pangkalan Kerinci Barat Pangkalan Kerinci 3 Lokal
2 SDN 013 Pkl Kerinci 47.084.376 Kel. Pangkalan Kerinci Timur Pangkalan Kerinci 3 Lokal
3 SDN 005 Kiyap Jaya 54.973.227 Desa Kiyap Jaya Bandar Seikijang 3 Lokal
4 SDN 008 Sekijang 54.973.227 Desa Sekijang Bandar Seikijang 3 Lokal
5 SDN 006 Penarikan 54.973.227 Desa Penarikan Langgam 3 Lokal
6 SDN 014 Segati 54.973.227 Desa Segati Langgam 3 Lokal
7 SDN 015 Langkan 54.973.227 Desa Langkan Langgam 3 Lokal
8 SDN 016 Segati 54.973.227 Desa Segati Langgam 3 Lokal
9 PONPES "Mambaul Ma'arif"Seminai Tunggal 47.084.376 Kelurahan Langgam Langgam 3 Lokal
10 PONPES "A. Rahman" 47.084.376 Desa Pangkalan Gondai Langgam 3 Lokal
11 SDN 008 Angkasa 54.973.227 Desa Angkasa Bandar Petalangan 3 Lokal
12 SDN 007 Pulau Muda 65.266.569 Desa Pulau Muda Teluk Meranti 3 Lokal
13 SDN 009 Labuhan Bilik 65.266.569 Desa Labuhan Bilik Teluk Meranti 3 Lokal
14 SDN 012 Gambut Mutiara 65.266.569 Desa Gambut Mutiara Teluk Meranti 3 Lokal
15 SDN 007 Lubuk Mandian Gajah 59.748.717 Desa Lubuk Mandian Gajah Bunut 3 Lokal
16 SDN 014 Sialang Kayu Batu 47.084.376 Desa Bagan Laguh Bunut 3 Lokal
17 SDN 018 Kerumutan (Lubuk Salak) 47.084.376 Kelurahan Kerumutan Kerumutan 3 Lokal
18 MDA Plus"Miftahul Huda" 47.084.376 Desa Rawang Sari Genduang Pangkalan Lesung 3 Lokal
19 SMPN 2 Pkl Lesung 47.084.376 Kel. Pangkalan Lesung Pangkalan Lesung 3 Lokal
20 MDA "At-Taqwa Sari Mulya" 31.389.584 Desa Sari Mulya Pangkalan Lesung 3 Lokal
21 SMPN Sorek Dua 47.084.376 Desa Sorek Dua Pangkalan Kuras 3 Lokal
22 SDN 014 Sialang Indah 47.084.376 Desa Sialang Indah Pangkalan Kuras 3 Lokal
23 SDN 016 Meranti 47.084.376 Desa Meranti Pangkalan Kuras 3 Lokal
24 SDN 024 Sorek Satu 47.084.376 Kelurahan Sorek Satu Pangkalan Kuras 3 Lokal
25 SDN 025 Dundangan 54.973.227 Desa Dundangan Pangkalan Kuras 3 Lokal

SHARING BUDGET MEUBILER SSN/SBI 200.000.000
1. SDN 003 Pkl Kerinci 20.000.000 Kel, Pkl Kerinci Kota Pangkalan Kerinci 1 Paket
2. SDN 007 Pkl Kerinci 20.000.000 Kel, Pkl Kerinci Kota Pangkalan Kerinci 1 Paket
3. SDN 005 Makmur 20.000.000 Desa Makmur Pangkalan Kerinci 1 Paket
4. SDN 006 Pkl Kerinci 20.000.000 Kel, Pkl Kerinci Kota Pangkalan Kerinci 1 Paket
5. SDN 009 Kuala Terusan 20.000.000 Kel, Pkl Kerinci Kota Pangkalan Kerinci 1 Paket
6. SD BERNAS 20.000.000 Kel, Pkl Kerinci Kota Pangkalan Kerinci 1 Paket
7. SDN 011 Sorek Satu 20.000.000 Kelurahan Sorek Satu Pangkalan Kuras 1 Paket
8. SDN 001 Sekijang 20.000.000 Desa Sekijang Bandra seikijang 1 Paket
9. SDN 001 Langgam 20.000.000 Kelurahan Langgam Langgam 1 Paket
10. SDN 001 Ukui 20.000.000 Desa Ukui Satu Ukui 1 Paket

PROGRAM PENDIDIKAN MENENGAH 4.597.281.200
Lanjutan 2008 547.081.200
1 Pembangunan Ruang serba Guna SMKN 1 Bunut 547.081.200 Desa Petani Bunut 1 Unit

Baru 2009 4.050.200.000
2 Pembangunan USB SMKN Kuala Kampar 945.000.000 Desa Sokoi Kuala Kampar 1 Unit
3 Pembangunan USB SMKN Ukui 810.000.000 Desa Ukui Satu Ukui 1 Unit
4 Pembangunan Tambahan Ruang Kelas Unit 2 SMK Bidadari 734.400.000 Kel, Sorek Satu Pangkalan Kuras 216 M²
5 Pembangunan Rumah Dinas Guru SMKN 1 Bunut 1 Unit 267.900.000 Desa Petani Bunut 76 M²
6 Pembangunan Mushalla SMKN 1 Bunut ( 8 x 10 M) 1 Unit 282.000.000 Desa Petani Bunut 80 M²
7 Pembangunan Gudang Peralatan SMK "Pertanian Sialang" 412.500.000 Desa Sialang Indah Pkl.Kuras 1 Unit
8 Pembangunan Ruang Labour IPA SMAN 1 Langgam 299.200.000 Kelurahan Langgam Langgam 88 M²
9 Pembangunan Ruang Labour IPA SMAN 1 Bdr Petalangan 299.200.000 Desa Lubuk Keranji Bandar Petalangan 88 M²
Pengadaan Meubiler 167.324.172
10 Pengadaan Meubuiler SMKN Kuala Kampar 65.266.569 Desa Sokoi Kuala Kampar 3 Lokal
11 Pengadaan Meubiler SMKN Ukui 54.973.227 Desa Ukui Ukui 3 Lokal
12 Pengadaan Meubiler SMK Bidadari Sorek Satu 47.084.376 Kelurahan Sorek Satu Pkl.Kuras 3 Lokal

SHARING BUDGET PEMBANGUNAN LABORATORIUM 35.000.000
KOMPUTER:
13 Pengadaan Meubiler Labour SMAN 1 Pangkalan Kuras 35.000.000 Kelurahan Sorek Satu Pangkalan Kuras 1 paket

SHARING BUDGET PEMBANGUNAN PERPUSTAKAAN
14 Pengadaan Meubiler Pustaka SMAN 1 Ukui 40.000.000 Desa UkuiSatu Ukui 1 paket

SHARING BUDGET PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB)
15 Pengadaan Meubiler PSB SMAN 1 Pkl Kerinci 44.000.000 Kel. Pangkalan Kerinci Kota Pangkalan Kerinci 1 paket

PROGRAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN 60.000.000
TENAGA KEPENDIDIKAN:
16 Pendidikan Lanjutan bagipendidik untuk memenuhi standar
Kualifikasi:
Belanja Peningkatan Mutu Pendidik Jenjang S1:
- S 1 Guru Kelas (Pokjar Pkl Kuras) 120.000.000 Kelurahan Sorek Satu Pangkalan Kuras 80 Orang
- S 1 Guru Bidang Studi UNRI (Pokjar Langgam) 315.000.000 Kelurahan Langgam Langgam 105 Orang
- S 1 Guru Bidang Studi UNRI (Pokjar Langgam) 165.000.000 Kelurahan Langgam Langgam 55 Orang
- S 1 Guru Kelas (Pokjar Ukui) 81.000.000 Desa Ukui Satu Ukui 27 Orang
- S 1 Guru Bidang Studi (Pokjar Ukui) 120.000.000 Desa Ukui Satu Ukui 40 Orang
- S 1 Guru Kelas (Pokjar Ukui) 210.000.000 Desa Ukui Satu Ukui 70 Orang
- S 1 Guru Bidang Studi (Pokjar KRC, Tlk Meranti & Seikijang) 300.000.000 Kelurahan Pangkalan Kerinci Pangkalan Kerinci 300 Orang
- S 1 UmumPAUD (Pokjar Kerinci, Tlk Meranti & Sekijang) 204.000.000 Kelurahan Pangkalan Kerinci Pangkalan Kerinci 68 Orang
- S 1 PGSD UT (Pokjar Kerinci, Tlk Meranti & Sekijang) 366.000.000 Kelurahan Pangkalan Kerinci Pangkalan Kerinci 122 Orang
- S 1 Guru Bidang Studi (Pokjar Bunut) 120.000.000 Kelurahan Bunut Bunut 40 Orang
- S 1 Guru Bidang Studi (Pokjar Pkl Lesung) 120.000.000 Pangkalan Lesung Pangkalan Lesung 40 Orang
- S 1 Guru Bidang Studi (Pokjar Kerumutan) 120.000.000 Kelurahan Kerumutan Kerumutan 40 Orang
- S 1 Jurusan BK UNRI (Pokjar Kuala Kampar) 180.000.000 Kelurahan Teluk Dalam Kuala Kampar 60 Orang
- S 1 Jurusan Matematika UNRI (Pokjar Kuala Kampar) 180.000.000 Kelurahan Teluk Dalam Kuala Kampar 60 Orang
- S 1 PGSD UT (Pokjar Kuala Kampar) 147.000.000 Kelurahan Teluk Dalam Kuala Kampar 69 Orang
- S 1 PGSD UT (Pokjar Kuala Kampar) 204.000.000 Kelurahan Teluk Dalam Kuala Kampar 68 Orang

Belanja Beasiswa Tugas Belajar Diploma II (D.II):
- D. II PGSD UT(Pokjar Kerinci, Tlk Meranti & Sekijang) 60.000.000 Kelurahan Pangkalan Kerinci Pangkalan Kerinci 20 Orang
- S 1 Guru Kelas 120.000.000 Kelurahan Sorek Satu Pangkalan Kuras 80 Orang

17 BUDGET SHARING LABORATORIUM IPA SMA
Pengadaan alat labour IPA SMA 96.000.000 - SMAN 1 Bdr Petalangan Bandar Petalangan 1 paket
- SMAN 1 Pkl Lesung Pangkalan Lesung 1 paket
- SMKAN 1 Langgam Langgam 1 paket

18 BUDGET SHARING SUBSIDI PENGEMBANGAN SEKOLAH
STANDAR NASIONAL (SSN) SMA: 505.200.000 - SMAN 2 Pkl Kerinci Pangkalan Kerinci 1 paket
- SMAN 1 Pkl Kuras Pangkalan Kuras 1 paket
- SMAN 1 Ukui Ukui 1 paket
- SMAN 1 Kuala Kampar Kuala kampar 1 paket
- SMAN 1 Bandar Seikijang Langgam 1 paket
- SMAN 1 Langgam

19 BUDGET SHARING SUBSIDI PENGEMBANGAN SEKOLAH 421.000.000 SMPN 1 Pkl Kerinci Pangkalan Kerinci 1 paket
STANDAR NASIONAL (SSN) SMP: SMPN 1 Pkl Kuras Pangkalan Kuras 1 paket
SMPN 1 langgam Langgam 1 paket
SMP 1 Kuala Kampar Kuala kampar 1 paket
SMPN 1 Bdr Seikijang Bandar Seikijang 1 paket

20 BUDGET SHARING SUBSIDI PENGEMBANGAN SEKOLAH 453.700.000 SMAN 1 Pangkalan Kerinci Pangkalan Kerinci 1 paket
BERSTANDAR INTERNASIONAL (RSBI) SMA/SMK: SMKN 1 Pkl Kerinci Pangkalan Kerinci 1 paket


PROGRAM PENGEMBANGAN BUDAYA BACA DAN 174.000.000
MINAT BACA DI DAERAH
21 Penyediaan Bantuan Pengembangan Perpustakaan dan
Minat Baca di Daerah
- Belanja modal Perpustakaan SD 547.500.000 Se - Kab. Pelalawan 30000 buku
Belanja modal Perpustakaan SMP 200.000.000 Se - Kab. Pelalawan 10000 buku
Belanja modal Perpustakaan SMA 174.000.000 Se - Kab. Pelalawan 8000 buku

FISIK DAK NON DR BIDANG PENDIDIKAN 2.234.000.000
1 Belanja Modal Fisik DAK Non DR Bidang Pendidikan. 8 SD
2 Rehabilitasi Fisik Gedung Sekolah/ Ruang Kelas
3 Pengadaan / Rehabilitasi Sumber dan sanitasi Air Bersih serta
Kamar Mandi dan WC
4 Pembangunan / Rehabilitasi Rumah Dinas Penjaga /Guru /
Kepala Sekolah
5 Pembangunan Ruang Perpustakaan (56 M²) dan Pengadaan
Meubiler Perpustakaan.
Calon Sekolah Penerima DAK 2009
1 SDN 012 Gambut Mutiara Desa Gambut Mutiara Teluk Meranti 1 Sekolah
2 SDN 019 Teluk Beringin Desa Teluk Beringin Kuala Kampar 1 Sekolah
3 SDN 008 Mulya Subur Jl. Karya Bakti Desa Mulya Pangkalan Lesung 1 Sekolah
4 SDN 004 Pangkalan Tampoi Jl. PT Metco - Merbau Kerumutan 1 Sekolah
5 SDN 010 Sungai Emas Desa Sungai Emas Kuala Kampar 1 Sekolah
6 SDN 003 Sungai Ara Desa Sungai Ara Pelalawan 1 Sekolah
7 SDN 010 Sari Mulya Jl. Poros SBP Desa Sari Mulya Pangkalan Lesung 1 Sekolah
8 SDN 012 Surya Indah Jl.Poros Jalur Satu-Surya Indah Pangkalan Kuras 1 Sekolah
24.747.128.822


KEPALA DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN PELALAWAN




Drs.H. DARWIS ALKADAM, M.Si
Pembina Tingkat I
NIP 420010812