|  Pengumuman Seleksi Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM •  Segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten Pelalawan Mengucapkan "Selamat Hari Idul Adha 1435 H dan Selamat Hari Jadi Kabupaten Pelalawan ke-15" •  Upah Minimum Kabupaten Pelalawan Tahun 2013 •  Himbauan kepada setiap pemilik bangunan dan dunia usaha untuk melengkapi perizinan Mendirikan Bangunan sesuai ketentuan berlaku. •  Telah dibuka Pelatihan Aplikasi Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk Penyedia Barang dan Jasa, daftarkan perusahaan Anda segera!!! • 

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga

DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA

ZULKIFLI, S.Ag, M.Si

Pjs. KEPALA

E-mail : disbudparpora@pelalawankab.go.id

 


I. SEKILAS TENTANG DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pelalawan yang pada awalnya bernama Dinas Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Pelalawan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2002 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Pelalawan yang merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah di bidang kepariwisataan, kesenian dan kebudayaan dan mempunyai tugas untuk membantu Bupati dalam melaksanakan tugas di bidang Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan.
Setelah berlakunya Susunan Organisasi Tata Kerja yang baru pada tahun 2008, dinas inipun berubah menjadi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Dalam menyelenggarakan tugas tersebut di atas, dinas ini merupakan perangkat daerah yang diserahi wewenang, tugas dan tanggung jawab menunjang penyelenggaraan urusan otonomi daerah, desentralisasi, dekosentrasi dan melaksanakan tugas dibidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
Dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga dipimpin oleh Kepala Dinas, yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Bupati Pelalawan melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan. Susunan Organisasi Dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga terdiri dari :
1. Kepala Dinas
2. Sekretaris
3. Bidang Kebudayaan
4. Bidang Pariwisata
5. Bidang Pemuda
6. Bidang Olah Raga
7. UPTD
8. Kelompok Jabatan Fungsional

Adapun Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan sebagai berikut :

Tugas Pokok :

1. Merumuskan Kebijakan Pemerintah Daerah dibidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga;
2. Mengkoordinasikan, memadukan, menyelaraskan dan menyerasikan kebijakan dan kegiatan pengembangan Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
3. Menyusun rencana kerja dan program pembangunan dibidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
4. Memberikan dukungan untuk pembangunan sarana dan prasarana Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
5. Pelaksanaan kebijakan teknis dan rencana yang telah ditetapkan sesuai dengan tugas pokoknya.
6. Penyelenggaraan kerja sama internasional dibidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
7. Pemberian Izin dan pembinaan usaha serta aktifitas dibidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
8. Pemberian Pengawasan dan Pengamanan teknis atas pelaksanaan tugas pembinaan usaha.
9. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi-instansi terkait dibidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
10. Pelaksanaan Pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten.
11. Pelaksanaan urusan tata usaha Dinas dan Tugas lain yang diberikan Bupati.

Fungsi :

1. Merumuskan Kebijaksanaan.
2. Perencanaan.
3. Memberikan dukungan.
4. Pelaksanaan Kebijaksanaan.
5. Penyelenggaraan Kerjasama.
6. Pemberian izin.
7. Pembinaan.
8. Pengawasan.
9. Pemantauan dan evaluasi.
10. Pelaksanaan Pengelolaan.
11. Pembiayaan.
12. Pelaporan

Dari tugas Pokok dan Fungsi tersebut, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga berperan sebagai :
1. Koordinasi terhadap pengembangan Pembangunan dan aktifitas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
2. Bimbingan dan Pengawasan Pengembangan Pembangunan dan aktifitas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.
3. Sosialisasi dan Fasilitasi Pengembangan Pembangunan Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan.
4. Motivator Pengembangan Pembangunan Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan.
5. Evaluasi mengenai SDM dibidang Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan.

II. VISI

Berdasarkan tinjauan pada tugas pokok dan fungsi serta permasalahan yang dihadapi di lapangan dan mengacu kepada Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan, maka Visi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pelalawan adalah sebagai berikut :

Pernyataan Visi di atas memuat kata-kata kunci sebagai berikut :
  • Sebagai Fasilitator dan Motivator.
  • Pembangunan Kebudayaan, Kepariwisataan, Pemuda dan Olah Raga.
  • Menuju masyarakat maju dan Sejahtera.

Hal ini bermakna bahwa Dinas Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan harus memposisikan diri serta harus menjadi tauladan, panutan kepada semua unit kerja yang ada, sehingga dapat memotivasi unit kerja yang lainnya untuk menggerakkan masyarakat ikut berpartisipasi pada pembangunan Kepariwisataan, Kesenian dan Kebudayaan dengan side efeck yang diharapkan dapat memajukan dan mensejahterakan masyarakt.

III. M I S I

Misi yang telah dirumuskan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pelalawan harus dapat mendukung dan mensukseskan misi Kabupaten Pelalawan. Dengan misi sebagai berikut :

Penetapan misi tersebut dilatarbelakangi oleh hal-hal sebagai berikut: 

  1. Integritas Kelembagaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga yang mantap dan dinamis dalam mengikuti perkembangan kehidupan masyarakat, serta lebih responsive terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dilingkungan masyarakat. Setiap aparat diharapkan proaktif dalam melayani masyarakat dan bukan dilayani oleh masyarakat.
  2. Keterpaduan Pembangunan Kepariwisataan dapat menciptakan pengaturan bagi semua kepentingan demi kelancaran, ketertiban dan keserasian kepariwisataan, oleh karena itu perencanaan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Pelalawan mutlak memperhatikan pelestarian lingkungan disekitar kawasan/objek wisata, dan memberi peluang yang sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk turut berperan serta didalam pengembangan pembangunan kepariwisataan yang bersifat berkesinambungan dan tidak terpisahkan dari suatu periode ke periode berikutnya. 
  3. Pelestarian mempunyai arti memelihara, membina dan mengembangkan nilai-nilai positif dan mengikis nilai-nilai negatif yang tidak sesuai dengan kepribadian suku melayu. Penggalian budaya melayu dilakukan terhadap nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Kesenian, tradisi, bahasa dan sastra serta peninggalan sejarah purbakala yang merupakan peninggalan bangsa yang tidak ternilai harganya.
  4. Kesejahteraan masyarakat merupakan wujud dari keberhasilan pembangunan dan amanah yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah daerah. Pemuda sebagai asset suatu daerah merupakan modal dasar dan utama yang dapat memberikan warna tersendiri dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimasa datang.
  5. Masyarakat yang sehat jasmani dan rohani merupakan awal dari keberhasilan sebuah pembangunan. Berbagai rencana besar untuk mensejahterakan masyarakat mustahil akan diraih jika masyarakatnya tidak berada dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Hal-hal inilah yang berusaha untuk diwujudkan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kesenian, Pemuda dan Olah Raga yang dituangkan di dalam Rencana Kerja – Satuan Kerja Pemerintah Daerah tahun 2010.

V.TUPOKSI

1. SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan, pekerjaan dan kegiatan tata usaha, administrasi, keuangan, perlengkapan/umum, kepegawaian serta program/perencanaan.

Sekretariat menyelenggarakan Fungsi :
a. Pelaksanaan pengelolaan urusan surat menyurat, rumah tangga, perlengkapan dan protokol
b. Pelaksanaan urusan keuangan
c. Pelaksanaan pengelolaan urusan kepegawaian
d. Pelaksanaan koordinasi penyusunan program kerja dinas, pengumpulan dan pengolahan data serta hubungan masyarakat.

Sekretariat terdiri dari :

1.1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan menerima surat-surat masuk, pemberian nomor surat, mendistribusikan surat kepada pihak yang berkepentingan, penyimpanan dan pengarsipan surat, pengetikan, penggandaan dan mengirimkan surat, protokol dan perjalanan, pengurusan kendaraan bermotor, menjaga keamanan lingkungan kantor perlengkapan dan perawatan inventaris kantor serta melaksanakan pekerjaan dan kegiatan penyelenggaraan administrasi kepegawaian, membuata daftar urut kepangkatan, pembinaan disiplin dan korps, dokumentasi dan pendataan pegawai serta kesejahteraan pegawai.

1.2. Sub Bagian Keuangan
Mempunyai tugas menyelenggarakan urusan keuangan, pekerjaan dan kegiatan administrasi keuangan, pembukuan umum, penyusunan rencana anggaran dan pengelolaan keuangan.

1.3. Sub Bagian Program
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan pengumpulan, pengolahan data serta koordinasi antar bidang dalam urusan penyusunan program kerja Dinas.

2. BIDANG KEBUDAYAAN

Bidang Kebudayaan mempunyai tugas menyelenggarakan segala urusan, pekerjaan dan kegiatan pembinaan, pelestarian dan pengembangan kebudayaan, Kesenian, film, nilai-nilai tradisional serta sejarah dan kepurbakalaan; penyedian dukungan/bantuan kerjasama antar kabupaten/kota, antar propinsi dan antar negara dalam rangka pembinaan dan pengembangan kebudayaan, kesenian, film dan nilai-nilai tradisional, serta sejarah dan kepurbakalaan.


Bidang Kebudayaan menyelenggarakan Fungsi :
a. Pelaksanaan kegiatan penggalian dan pengkajian kebudayaan, kesenian, film dan nilai-nilai tradisional serta sejarah dan purbakala
b. Pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan kebudayaan, kesenian, film dan nilai-nilai tradisional serta sejarah dan purbakala
c. Pelaksanaan kegiatan pelestarian dan penyelenggaraan aktifitas kebudayaan, kesenian, film dan nilai-nilai tradisional serta sejarah dan purbakala

Bidang Kebudayaan Terdiri dari :
2.1. Seksi Pembinaan dan Pengembangan Kebudayaan
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan Penggalian. Pengkajian, Pembinaan, Pengembangan dan pelestarian kebudayaan

2.2. Seksi Kesenian, Film dan Nilai-nilai Tradisional
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan Penggalian. Pengkajian, Pembinaan, Pengembangan dan pelestarian serta penyelenggaraan aktifitas Kesenian, Film dan Nilai-nilai tradisional

2.3. Seksi Sejarah dan Purbakala
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan Penggalian. Pengkajian, Pelestarian Sejarah dan Purbakala

3. BIDANG PARIWISATA

Bidang Pariwisata mempunyai tugas menyelenggarakan segala urusan, pekerjaan dan kegiatan pembinaan dan pengembangan pariwisata, promosi dan pemasaran serta pembinaan sarana pariwisata

Bidang Pariwisata menyelenggarakan Fungsi :
a. Pelaksanaan kegiatan Pendataan objek wisata daerah
b. Pelaksanaan kegiatan penyusunan rencana dukungan terhadap objek wisata daerah
c. Pelaksanaan kegiatan promosi dan pemasaran produk kepariwisataan daerah
d. Pelaksanaan perizinan dibidang kepariwisataan

Bidang Pariwisata Terdiri dari :
3.1. Seksi Pengembangan Pariwisata
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan pendataan objek wisata yang ada di daerah, menggali dan mengembangkan objek wisata sesuai dengan potensi daerah; menyusun kalender agenda wisata tingkat propinsi, Nasional dan Internasional, penyedian dukungan bantuan kerjasama antar Kabupaten/Kota, antar propinsi dan antar negara dalam rangka pengembangan Pariwisata.

3.2. Seksi Promosi dan Pemasaran Wisata
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan mempersiapkan dukungan dalam rangka promosi dan pemasaran objek wisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah

3.3. Seksi Sarana Pariwisata
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan menyiapkan perizinan dan melaksanakan pembinaan peningkatan penyelenggaraan usaha dan sarana pariwisata.

4. BIDANG PEMUDA

Bidang Pemuda mempunyai tugas menyelenggarakan segala urusan, pekerjaan dan kegiatan pendataan, pembinaan organisasi/kelembagaan dan aktifitas kepemudaan, dukungan kerjasama serta pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana aktifitas kepemudaan

Bidang Pemuda menyelenggarakan Fungsi :
a. Pelaksanaan kegiatan Pendataan organisasi dan aktifitas pemuda di daerah
b. Pelaksanaan kegiatan pembinaan organisasi dan aktifitas pemuda di daerah
c. Pelaksanaan kegiatan penyusunan rencana dukungan kerjasama pemuda antar kabupaten/Kota, antar propinsi dan antar negara
d. Pelaksanaan kegiatan peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana kegiatan pemuda

Bidang Pemuda Terdiri dari :
4.1. Seksi Pembinaan Pemuda
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan pendataan dan pembinaan serta pengembangan aktifitas pemuda, penyusunan dukungan kegiatan/aktifitas   kepemudaan.
4.2. Seksi Kelembagaan dan Kerjasama
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan pendataan dan pembinaan serta pengembangan kelembagaan/organisasi pemuda dan dukungan kerjasama dengan instansi/badan, organisasi kemasyarakatan yang berhubungan dengan kegiatan kepemudaan.

4.3. Seksi Sarana dan Prasarana
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan pengadaan dan peningkatan serta pengembangan sarana dan prasarana kelembagaan dan aktifitas pemuda di daerah.


5. BIDANG OLAH RAGA

Bidang Olah Raga mempunyai tugas menyelenggarakan segala urusan, pekerjaan dan kegiatan pendataan, pembinaan organisasi/kelembagaan dan aktifitas Olah Raga, dukungan kerjasama serta pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana Olah Raga

Bidang Olah Raga menyelenggarakan Fungsi :
a. Pelaksanaan kegiatan Pendataan organisasi dan aktifitas Olah Raga di daerah
b. Pelaksanaan kegiatan pembinaan organisasi dan aktifitas Olah Raga di daerah
c. Pelaksanaan kegiatan penyusunan rencana dukungan kerjasama event Olah Raga antar kabupaten/Kota, antar propinsi. Pelaksanaan kegiatan peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana Olah Raga

Bidang Olah Raga Terdiri dari :
5.1. Seksi Pembinaan dan Pengembangan Atlet
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan pendataan dan pembinaan serta pengembangan aktifitas dan prestasi atlet/Olahragawan.

5.2. Seksi Kelembagaan
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan pendataan dan pembinaan serta pengembangan kelembagaan/organisasi cabang olah raga dan dukungan kerjasama dengan instansi/badan, organisasi terkait yang berhubungan.

5.3. Seksi Sarana dan Prasarana
Mempunyai tugas melaksanakan pekerjaan dan kegiatan pengadaan dan peningkatan serta pengembangan sarana dan prasarana olah raga di daerah.


V. PERATURAN

Peraturan Daerah yang berkenaan dengan Dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan Olahraga adalah sebagi berikut:

1. Peraturan daerah kabupaten pelalawan nomor 51 tahun 2002 tentang distribusi izin usaha pariwisata.

2. Peraturan daerah kabupaten pelalawan nomor 07 Tahun 2006 Tentang perubahan atas peraturan daerah kabupaten pelalawan nomor 51 tahun 2002 tentang restribusi izin usaha pariwisata.


PROGRAM DAN KEGIATAN YANG TELAH DI LAKUKAN DINAS PARIWISATA, KESENIAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2008

1. PROGRAM PENGELOLAAN KERAGAMAN BUDAYA
Kegiatan yang telah dilakukan yaitu:
- Festival Tari dan Lagu Melayu Daerah Se-Kabupaten Pelalawan

2. PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PARIWISATA
Kegiatan yang telah di lakukan yaitu:
- Pameran gebyar wisata nusantara tahun 2008
- Parade tari tingkat propinsi riau
- Penunjang Web Site kepariwisataan kabupaten pelalawan
- Pelaksanaan promosi pariwisata

3. PROGRAM PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA
Kegiatan yang telah di lakukan yaitu:
- Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pariwisata

4. PROGRAM PENGEMBANGAN KEMITRAAN
Kegiatan yang telah dilakukan yaitu:
- Pengembangan SDM dan profesionalisme bidang pariwisata

5. PROGRAM PENGEMBANGAN KEKAYAAN BUDAYA
Kegiatan yang telah dilakukan yaitu:
- Pengembangan kebudayaan dan pariwisata.


PROGRAM-PROGRAM DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHAGA TAHUN 2009

1.PROGRAM PENGELOLAAN KEKAYAAN BUDAYA
a. Kegiatan yang dilakukan yaitu: Pelaksanaan pawai Taaruf dan pergelaran kesenian
Program pengelolaan kekayaan budaya ini Ikut serta dalam tim pawai taaruf kabupaten pelalawan pada MTQ Tingkat propinsi riau tahun 2009.

2.PROGRAM PENDIDIKAN NON FORMAL
a.Kegiatan yang di lakukan yaitu: pelaksanaan diklat paskibraka
Program pendidikan non formal ini berupa pelaksanaan diklat paskibraka tahun 2009

3.PROGRAM PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA
a. Kegiatan yang di lakukan yaitu: peresmian istana sayap



4.PROGRAM PENGELOLAAN KERAGAMAN BUDAYA
a. Kegiatan yang di lakukan yaitu: festival tari dan lagu melayu daerah se- kabupaten pelalawan
Program ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas sanggar seni.

5.PROGRAM PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA
a. Kegiatan yang dilakukan yaitu: peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pariwisata.
Dalam kegiatan ini diharapkan akan tersedianya sarana dan prasarana objek wisata.

6.PROGRAM PENGEMGANGAN PEMASARAN PARIWISATA
a. Kegiatan yang di lakukan yaitu:

- Parade tari tingkat propinsi Riau
  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kretivitas sanggar seni.

- Penunjang Web Site kepariwisataan kabupaten pelalawan
  Kegiatan ini bertujuan untuk promosi dan penyebaran informasi potensi objek wisata, seni dan budaya di kabupaten pelalawan.

- Pelaksanaan promosi pariwisata
  Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan secara luas event wisata pacu sampan kampo.

- Penyelenggaraan Event Wisata religius petang maogang
  Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya petang maogang.

- Eevent wisata perlombaan perahu layar dan jung katel
  Kegiatan ini bertujuan untuk promosi kebudayaan dan pengenalan event wisata perahu layar dan jung katel