|  Segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Adha 1434" H •  Upah Minimum Kabupaten Pelalawan Tahun 2013 •  Himbauan kepada setiap pemilik bangunan dan dunia usaha untuk melengkapi perizinan Mendirikan Bangunan sesuai ketentuan berlaku. •  Telah dibuka Pelatihan Aplikasi Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk Penyedia Barang dan Jasa, daftarkan perusahaan Anda segera!!! • 

Pantai Ogis, Daya Tarik yang Belum Terlirik

Selasa, 18 Mei 2010 - Berita Pariwisata

Itulah gambaran Teluk Meranti yang merupakan salah satu kecamatan di kabupaten pada masa beberapa tahun kebelakang, sebelum dan pada awal pemekaran kabupaten, daerah ini memang terkesan begitu terpencil dan jauh dari sentuhan pembangunan. Namun gambaran itu kian hari kian memudar, seiring berjalannya waktu dan giatnya pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan, bahkan orang takkan begitu mengira makin pesatnya pembangunan yang tumbuh di daerah ini beberapa tahun terakhir.

Terlebih lagi dengan dibangunnya jalan tembus Lintas Bono yang dapat menghubungkan ibukota kabupaten dengan kecamatan ini melalui jalur darat, diperkirakan akan bertambah pesat lagi perkembangan yang akan terjadi di daerah ini.

Dengan jarak tempuh sekitar 3 jam dari ibukota kabupaten, daerah ini dapat dijangkau baik menggunakan roda dua maupun kendaraan roda empat. Memang jalan yang dibangun masih dalam tahap pengerasan, namun hal itu cukup membuat lalulintas penggunanya cukup ramai. Aktivitas perekonomian semakin lancar dan bertambah. Dan yang lebih menggembirakan bahwa bagi masyarakat yang akan melihat fenomena alam yang khas di daerah ini yaitu Bono, kita dapat dengan mudah mengunjungi dan menyaksikannya dengan memanfaatkan jalan Lintas Bono ini.

Selain Bono, ternyata masih banyak hal menarik lainnya yang tersimpan di daerah ini, dimulai dari kedatangan kita di daerah ini, begitu terasa nuansa perkampungan nelayan yang memang sebahagian besar mata pencaharian masyarakatnya, suasana yang kental dipenuhi dengan keramahtamahan dari alam yang masih terisi dengan berbagai macam tumbuhan lokal.

Suasana lain yang membuat daerah ini terasa berbeda adalah kedekatan masyarakat daerah ini dengan seni budaya. Di sore hari, kerapkali kita dapati anak-anak dan orang dewasa yang bermain permainan rakyat seperti gasing, permainan patuk lele, juga kedao. Sejenis permainan rakyat yang berakar pada budaya tempatan. Di sudut lain kita dapat saksikan anak-anak yang sedang bermain musik, seperti gendang, bebano, hingga orgen tunggal. Sementara di sudut tempat lain dapat kita saksikan pula anak-anak belia yang sedang berlatih tari, melenggak-lenggok mengikuti hitungan gerakan dan alunan musik pengiring. Kebiasaan ini memang kerap dilakukan oleh anak-anak muda guna mengisi waktu luang mereka tatkala beristirahat setelah melakukan aktivitas rutin lainnya.

Tak jauh dari dermaga atau pusat kota kecamatan, terdapat suatu hamparan pasir yang cukup indah dikala air pasang surut, pemandangan pantai yang cukup menarik dengan dikelilingi pepohonan rindang. Di pagi hari dan sore hari kita akan mendapati sekawanan burung yang bermain dan mencari makanan di tepi pantai. Sungguh pemandangan yang mengasikkan ketika kita menyaksikan mereka bermain, beterbangan dan bercengkrama antar sesamanya.

Masyarakat setempat memanggil tempat ini dengan sebutan Pantai Ogis, sementara lainnya ada yang menyebutnya dengan sebutan Pantai Bono, karena di tempat inilah bono memecah, setelah perjalanan panjang menyusuri sungai kampar.

Selain dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat dan roda dua, sehingga kita dapat bersantai berjalan-jalan di atas pasir pantai ini. Tentunya kita pasti juga dapat mengunjungi tempat ini menggunakan sampan, boat pompong, maupun speed boat. kelebihannya menggunakan speed boat, kita dapat lebih leluasa bergerak menyusuri pantai melalui perairan sungai, sehingga dapat lebih banyak menyaksikan burung-burung yang sedang bermain. selain itu kita dapat lebih mempunyai banyak kesempatan untuk menyaksikan pecahnya bono jika berada pada waktu yang tepat.

Kendatipun sudah mulai banyak masyarakat yang mengetahui lokasi ini bahkan cukup banyak juga yang pernah berkunjung ke sana. Namun potensi tempat ini yang memungkinkan untuk dijadikan objek wisata nampaknya belum terangkat dengan baik. Sehingga masih banyak masyarakat luar daerah kecamatan ini yang belum mengenalnya.

Untuk mengangkat popularitas tempat yang cukup indah dan sayang untuk diabaikan, perlu kiranya Pemerintah Daerah beserta masyarakat kecamatan Teluk Meranti untuk mefokuskan pembangunan Lintas Sektoral pada pembangunan dan pengembangan potensi objek wisata ini. Sangat disayangkan apabila lokasi ini tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Karena hanya dengan cukup memoles tempat ini dengan beberapa sarana dan prasarana yang membuat orang yang berkunjung ke lokasi ini betah, maka akan banyak orang yang akan datang dan bisa menikmati lokasi pantai Ogis dengan fenomena alam dan daya tarik seni, budaya serta keindahan yang ada.

BERITA LAIN

Komentar Pembaca

0 Komentar

Posting Komentar

  Nama
  Email
  Website
  Pesan
  Kode Verifikiasi